ALPUKAT

ALPUKAT

Alpukat” | Avokad (Persea gratissima Gaerin) merupakan pohon kecil dengan tinggi 3 – 10 m, berakar tunggang, batang berkayu, bulat, berwana cokelat kotor, banyak bercabang, dan ranting berambut halus. Daun tunggal bertangkai panjang, buahnya berbentuk jorong sampai bundar telur memanjang, tebal seperti kulit, ujung dan pangkal runcing yang biasanya terletak berdesakan di ujung ranting.

Tanaman avokad berbunga majemuk, berkelamin dua, tersusun dalam malai yang keluar dekat ujung ranting, warnanya kehijauan. warna buahnya hijau atau hijau kekuningan, berbintik – bintik ungu atau ungu sama seklai, berbiji satu. Jika sudah masak dagin buah lunak, warna hijau kekuningan dan berlemak. biji bulat seperti bola, diameter 2,5 – 5 Cm, keping biji putih kemerahan. Perbanyakan biji, okulasi dan enten.


Nama Lokal

Apuket, Alpuket, Jambu walanda (Sunda), Apokat, Avookad, Plokat (jawa), Alpokat, Advokat (Sumatera). Nama Simplesia; Persea Folium.

Habitat 

Tumbuh liar di hutan – hutan, juga banyak ditanam dikebun dan pekarangan yang lapisan tanahnya gembur dan subur serta tidak tergenang air. Bisa berbuah di dataran rendah, tapi hasilnya akan memuaskan bila ditanam pada ketinggian 200 – 1.000 m dpl, pada daerah tropik dan subtropik yan banyak curah hujannya.

Bagian Tanaman Yang di Gunakan

Buah

Kandungan Kimia

Asam folat, Asam Pantotenat, Niasin, Vitamin B1, B6, C, E, Fosfor, Zat Besi, Kalium, Magnesium, Dan Glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal.

Manfaat

Kandungan kimia tersebut mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah

Cara Pemakaian

Makan 1/2 – 2 Buah Avokad matang begitu saja sebagai buah. lakukan setiap hari.
Itulah sedikit penjelasan mengenai “Alpukat” dan ini merupakan salah satu ramuan penurun kolesterol, penolak penyakit jantung dan stroke.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply