Jenis-Jenis AC Murah yang Perlu Anda ketahui

107-jual ac

Saat Anda ingin mengalahkan hawa panas di dalam rumah, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli AC. Persoalannya, bagi orang awam mugkin belum mengetahui apa saja jenis AC tersebut. Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai AC tipe split dan Ac window. Mari lihat penjelasannya berikut ini.
AC Split
AC split adalah AC yang terdiri dari dua bagian, AC indoor yang diletakkan di dalam ruangan dan unit outdoor yang diletakkan di luar ruangan. Kedua unit ini bersinergi untuk bisa menyebarkan hawa dingin ke dalam ruangan rumah Anda. Nah, AC split ini memiliki keunggulan karena lebih cepat untuk mendinginkan ruangan, sekaligus listriknya lebih irit dan juga lebih lirih suaranya.
Pada AC split ini memiliki beberapa ciri, seperti memiliki blower yang lebar sehingga proses pendnginan pun bisa berlangsung lebih cepat. Di samping itu juga terdapat kontrol kelembaban udara sehingga lebih aman. Juga terdapat inverter AC yang merupakan teknologi untuk mengoptimalkan penggunaan AC sehingga tetap listrik.
AC split ini cocok digunakan di ruangan yang memiliki sedikit ventilasi. Selain itu cara pemasannganya pun terhitung mudah dan cepat. Untuk suara yang dihasilkan dari kompresor dan kondensor juga lebih lirih karena diletakkan di  luar ruangan.
Mengenai AC split ini banyak jenisnya. Juga ada yang jual ac murah bergantung dari tipe yang diinginkan. Kalau Anda ingin cari yang paling rendah harganya, Anda bisa membeli AC split tipe standard.
AC Window
Nah kalau yang jenis ini merupakan jenis AC yang terdiri dari satu unit yang semua komponennya terdapat dalam satu unit tersebut. Jenis Ac ini cocok untuk ruangan yang kecil.
Ciri AC window ini adalah berbentuk kompak karena hanya merupakan unit satuan. Cocoknya dipakai di ruangan ukuran kecil hingga medium. Tapi memang secara efektivitas dalam mendinginkan ruangan, AC ini masih kalah dibandingkan AC split.
Keunggulan AC window ini adalah mudah untuk dipasang. Tapi konsumsi listriknya juga lebih besar dibandingkan dengan AC split.
Pertimbangan Memilih AC yang Cocok
Untuk menentukan AC yang tepat bisa dilihat dari berbagai hal, seperti kapasitas AC, energy rating, inverter dan fitur yang dimilikinya. Untuk kapasitas AC sendiri dari yang mulai 1/2 Pk hingga 2 PK. makin besar kapasitasnya tentu ukuran ruangan yang bisa didinginkan pun bisa lebih besar. Sejalan dengan itu, juga berpengaruh terhadap konsumsi listrik AC yang makin besar.
Kemudian untuk energy rating bisa dijadikan sebagai indikator untuk mengetahui hemat tidaknya sebuah AC. Makin tinggi ratingnya artinya Ac tersebut termasuk low watt dan hemat energi.
Kemudian inverter juga bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan. AC yang menggunakan inverter akan lebih hemat listrik. Contohnya misalnya untuk AC yang dinyalakan selama 4 jam misalnya akan menghabiskan listrik sebanyak Rp5.000. Kalau untuk AC yang berinverter akan lebih hemat lagi.
Nah AC yang menggunakan inverter ini akan berjalan dengan konstan, kompresornya akan menekan serendah mungkin penggunaan listrik. Sehingga listrik pun menjadi lebih irit.
Lalu pertimbangan lainnya adalah fitur yang dimiliki AC. Apakah Ac tersebut memiliki filter anti bakteri yang bisa menangkap bakteri, debu, dan benda-benda kecil yang tak kasat mata. Fitur ini penting agar udara dalam ruangan menjadi lebih fresh dan sehat.
Lalu juga ada fitur yang menjaga kelembaban ruangan agar bisa berada dalam kondisi yang pas. Tentu ruangan semacam ini juga akan lebih sehat. Sebisa mungkin Anda juga membeli ac murah yang memiliki fungsi auto-clean. Dengan fungsi tersebut AC ini secara otomatis bisa membersihkan tumpukan debu yang sudah tersedot sebelumnya sehingga AC pun menjadi lebih awet.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply