Pengaruh Meja Saat Rapat

Fungsi dari meja rapat adalah sebagai sarana utama dalam mengerjakan hal-hal dalam kegiatan saat rapat. Hal yang tidak kalah pentingnya dengan keutamaan fungsi adalah ergonomi. Mungkin ergonomi masih asing di telinga anda, mengutip dari sebuah buku mengenai furnitur ergonomi berarti ilmu yang mempelajari tentang kesepadanan antara fungsi tubuh dengan alat atau fasilitas yang berinteraksi langsung. Interaksi dalam hal yang terjadi adalah antara peserta rapat dengan meja rapat nya. Namun adakalanya pemenuhan fasilitas peralatan kantor yaitu meja rapat ini tidak memenuhi kebutuhan para peserta secara individual atau dengan kata lain tidak memenuhi aspek ergonomi. Maksudnya seperti ini kondisi fisik setiap orang berbeda beda apalagi antar ras. Hal ini dipengaruhi oleh faktor kebiasaan dan budaya pribadi atau kelompok tertentu. Hal tersebut mempengaruhi aspek ergonomi yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Salah satu gejala gangguan tubuh yang populer dan bakal timbul akibat tidak diindahkannya ergonomi di antaranya adalah Repetitive Strain Injury (RSI).

26737-produk-item-4-staff-workstation-1.jpg

Gejala-gejala yang timbul diantaranya kesulitan saat membuka dan menutup tangan otot tangan terasa kaku, sehingga kesulitan mengancing baju, kesulitan menggunakan tangan untuk membalik halaman buku, memutar tombol, atau bahkan memegang mug bangun dengan rasa sakit di pergelangan tangan terutama di awal pagi hari tangan terasa dingin tangan yang gemetar. Keluhan ini kebanyakan diderita oleh para peserta dengan posisi duduk yang statis saat dalam kegiatan rapat. Hal ini akan bertambah buruk jika meja rapat tidak didesain secara ergonomis misalnya meja rapat yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dan kursi yang tidak menopang badan untuk duduk tegak tentu sangat mempengaruhi hasil rapat tersebut dan tentu sebagian dari anda juga tidak akan memikirkanya sampai kesana untuk sebuah hasil musyawarah yang maksimal.

Maka dari itu di masa yang akan datang dalam memenuhi kebutuhan meja rapat pesertanya pihak perusahaan harus lebih mempertimbangkan aspek ergonomic untuk hasil keputusan yang maksimal tentunya akan mendapatkan citra perusahaan yang anda kelola. Jadi disesuaikan antara meja rapat dengan postur tubuh para peserta. Selain agar tidak cepat lelah juga untuk menjaga agar kondisi fisik peserta rapat tetap fit dan semangat saat rapat berlangsung.

 

Advertisement

No comments.

Leave a Reply