Syarat – Syarat KPR Yang Biasa Di Perlukan

Syarat – Syarat KPR Yang Biasa Di Perlukan

Dalam mengajukan sebuah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) biasanya mempunyai syarat – syarat yang harus dipenuhi seperti:
  1. Fotokopi rekening koran semua tabungan
  2. Surat keterangan bekerja
  3. Slip gaji 3 bulan terakhir
  4. Menjadi pengawai tetap minimal 2 tahun
  5. Fotokopi KTP, KK, Surat Nikah
  6. Dan lain – lain tergantung masing-masing bank.
Selama proses pengajuan berlangsung (setelah persyaratan diserahkan ke bank), biasanya ada survei, bank biasanya survei ke tempat dimana kita bekerja, jadi jangan mencoba berbohong soal ini.
Bank juga akan melakukan pengecekan ke BI (Bank Indonesia) untuk memastikan Anda dan istri Anda (jika sudah berkeluarga) tidak termasuk dalam black list terkait history kredit yang mungkin pernah dilakukan sebelumnya.
Anda juga akan dipanggil untuk diwawancarai soal keuangan Anda, bila Anda terbiasa mengelola keuangan rumah tangga dengan baik, tentu akan santai-santai saja saat wawancara.
Satu hal yang perlu diperhatikan, kemampuan Anda dimata bank. Disini pengahasilan Anda dan atau istri dan juga berapa harga rumah, uang muka, dan lama cicilan akan saling mempengaruhi.
(Umumnya bank akan mensyaratkan cicilan maksimal adalah 30% gaji, ada juga yang membolehkan 40% gaji, ada yang bisa digabung antara penghasilan Anda dengan istri, ada yang hanya mensyaratkan gaji suami saja).
Perlu diingat pula meskipun gaji Anda tinggi dan bila dipotong 30% gaji masih banyak lebih untuk keperluan sebulan, bank tidak akan bisa ditawar, bank akan menjawab penghasilan besar, kebutuhan juga pasti akan besar, jadi berapapun gaji Anda, maka harus rela hanya bisa digunakan untuk cicilan kredit KPR rumah hanya 30% nya saja, jangan lupa bila Anda sudah pernah kredit sebelumnya dan masih berjalan itu akan dianggap termasuk dalam 30%.
Harga rumah, uang muka, lama cicilan, dan besar gaji akan saling mempengaruhi yang lainnya, bila salah satu ada yang dikurangi maka yang lainnya harus lebih tinggi, contohnya, bila cicilan kredit KPR per bulan ingin diturunkan, maka uang muka harus ditambah, atau jika tidak, lama cicilan diperpanjang. Anda perlu berpikir lebih untuk menentukan hal ini dan itu juga bergantung ketersediaan uang tunai Anda saat akan membeli sebuah perumahan.
Nah penjelasan diatas adalah merupakan syarat umum yang harus dipenuhi apabila kita ingin memiliki sebuah rumah dengan cara KPR.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply