Tips Dalam Membeli iPhone

Tips Dalam Membeli iPhone

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat kita membeli iPhone. Alasan pertama adalah karena harga iPhone lebih mahal dibandingkan dengan ponsel lainnya. Jika kita membeli iPhone yang baru dan akhirnya kita menyesal dan ingin menjual kembali, kita bisa kehilangan sampai setengah dari harga beli iPhone tersebut. Jika kita membeli iPhone bekas, kita akan kehilangan uang lebih sedikit jika kita menyesal dan ingin menjualnya kembali. Pada pembahasan kali akan membahas hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat kita membeli iPhone baru maupun bekas. berikut tips membeli iPhone :

Factory Lock Vs Factory Unlock

Saat akan membeli iPhone, kita harus memperhatikan apakah iPhone tersebut factory lock atau factory unlock. Banyak iPhone yang beredar saat ini adaah iPhone yang terkunci pada provider tertentu. Misalnya di Amerika, kita bisa mendapatkan iPhone dengan harga yang sangat murah, namun kita terikat kontrak dengan provider tertentu, misalnya AT&T. kita harus menggunakan kartu yang diberikan oleh AT&T tersebut agar kita dapat menggunakan iPhone tersebut.

Harga iPhone yang murah tersebut tentu sangat mengiurkan, namun kita juga ingin agar dapat menggunakannya di Indonesia. iPhone seperti ini adalah iPhone yang factory lock. Untuk dapat menggunakan iPhone ini tanpa harus menggunakan kartu yang sudah dikunci pada iPhone ini, kita bisa melakukan software unlock. Software aunlock adalah sebuah cara yang dapat dilakukan agar iPhone yang factory lock dapat dipakai dengan menggunakan kartu yang tidak dikunci ke iPhone tersebut. Software unlock dapat dinilai mudah dan praktis,. Meski demikian software unlock memiliki kelemahan, diantaranya :

  •     Anda dapat melakukan jailbreak agar dapat melalukan unlock.

Hal ini menyebabkan Anda tidak bisa menggunakan iPhone tersebut dengan firmwarw asli karena jika Anda menggunakan fireware asli, Anda tidak bisa meng-unlock iPhone Anda.

  •     Tidak ada jaminan bahwa setiap baseband yang saat ini bisa diunlock menggunakan unlocker yang tersedia.

Contohnya; Saaat ini belum ditemukan versi ultrasnow yang dapat melakukan unlock pada baseband 5.16.02.

  •     Solusi yang tersedia untuk melakukan unlock kerap kali tidak memuaskan.

Untuk pengguna yang secara tidak sengaja meng-update firmware iPhonenya pada versi terakir (karena iTunes selalu menyarankan pengguna untuk mendownload versi terakir firmware terakir yang cocok untuk iPhone Anda) dan baseband yang ada pada saat itu tidak bisa di unlock maka pengguna memiliki pilihan terakir, yaitu untuk mengupdate baseband iPhonenya ke 6.15.00 yang merupakan baseband iPad. Tentunya baseband ini tidak terlalu kompatibel dengan baseband yang seharusnya digunakan di iPhone. 

Maslah-maslahnya yang timbul antara lain :
  • GPS tidak berfungsi dengan baik.

Dari artikel-artikel internet, iPhone yang di upgrade baseband nya ke baseband iPad tidak bisa menggunakan GPS.

  • Baterai lebih cepat habis

Baterai iPhone yang basebandnya di upgrade ke 6.15.00 cenderung lebih cepat habis daripada baseband asli iPhone

  • Tidak bisa di restore dengan software asli Apple

Advertisement

No comments.

Leave a Reply