Tips untuk keluarga dalam menghadapi Bulan Ramadhan

Tips untuk keluarga dalam menghadapi Bulan Ramadhan

Beli semua kebutuhan untuk bulan Ramadhan menjelang Ramadan sehingga Anda dapat menghabiskan lebih sedikit waktu selama bulan suci dalam berbelanja.  Anda dapat lebih fokus pada ritual keagamaan dan perkembangan spiritual. Semua orang dalam keluarga, bahkan anak-anak, dapat berpartisipasi, menulis daftar belanja, mempersiapkan beberapa makanan untuk disimpan di dalam freezer.

Jika Anda bermasalah dengan tidur anda, mulailah menyesuaikan kembali jadwal tidur anda sehingga Anda bisa bangun untuk shalat Fajar.

Sunnah puasa Sya’ban (bulan sebelum Ramadhan) membantu untuk mempersiapkan Ramadhan dan membantu untuk membuat transisi ke bulan suci secara halus.

Mengurangi menonton TV dan mempersiapkan keluarga untuk semangat baru menyambut Ramadhan. Terlibat dengan anak-anak Anda lebih dan lebih dalam kegiatan kreatif yang mengingatkan mereka tentang Ramadhan. (Kegiatan yang disarankan termasuk membaca buku-buku cerita moral dalam kelompok).

Mengatur koleksi kaset / CD Anda untuk membuatnya lebih mudah untuk memilih dan memainkan lagu – lagu islam, nasyid (Hamd / Naat) atau Quran dan Dua bacaan, sehingga bisa sebagai perkenalan semangat bulan secara bertahap.

Rencana ke depan untuk waktu Anda habiskan di rumah agar tidak kehilangan keseimbangan antara tanggung jawab Anda sebagai orang tua untuk mengawasi studi anak-anak dan keterlibatan Anda dalam praktik keagamaan seperti membaca Quran dan berdoa serta shalat.

Buat jadwal kedepan jika anak Anda membutuhkan hijab/Mukena  untuk menemani Anda ke masjid. Jika mungkin, mendapatkan sepatu untuk anak-anak yang mudah untuk dipakai ketika mereka meninggalkan masjid.  Apakah Anda atau anak-anak membutuhkan sajadah untuk berdoa? Rencanakan pula alat transportasi ke masjid dan kembali ke rumah.

Siapkan berbagai kebutuhan yang Anda bisa memasak sebelum Ramadan. Berikut adalah beberapa tips menghemat waktu:
  • Siapkan beberapa sayuran dan menyimpannya dalam freezer agar mereka siap ketika dibutuhkan.
  • Jika Anda merendam tanggal dalam susu atau air dan memakannya untuk berbuka, pit tanggal sebelum Ramadan.
  • Mencacah bawang, bawang putih dan menyimpannya dalam freezer agar mereka siap ketika memasak selama bulan Ramadhan.

Jika Anda berencana untuk mengundang para tamu untuk berbuka, waktu terbaik untuk melakukannya adalah selama periode bulanan Anda (menstruasi). Ini memiliki beberapa keuntungan seperti:
  • Anda akan dapat mencicipi makanan yang akan disajikan.
  • Anda tidak akan terlibat dalam beberapa tindakan ibadah sehingga Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk memasak.
  • Anda tidak akan memiliki perasaan bersalah untuk tinggal setelah 'Isya' dengan tamu dan tidak pergi ke mesjid.
Ingatkan anak-anak Anda sebelum Ramadhan bahwa mereka harus membantu Anda lebih dalam pekerjaan rumah tangga dan menata meja serta menyiapkan hidangan berbuka. Begitu pula dengan kegiatan mereka dalam hal bershadaqah dan berbuat baik. Ingatkan mereka bahwa pahala perbuatan baik yang mereka dapat lebih bayak di banding bulan – bulan lainnya.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply